Kamis, 29 September 2011

Buku Panduan Sistem perkemihan

Pengertian


Sistem perkemihan (Urinary System) merupakan suatu sistem dimana terjadinya proses penyaringan darah sehingga darah bebas dari zat-zat yang yang tidak dipergunakan oleh tubuh dan menyerap zat-zat yang masih dipergunakan oleh tubuh. Zat-zat yang tidak dipergunakan lagi oleh tubuh larut dalam air dan dikeluarkan berupa urine (air kemih). Pada system urine, terjadi proses memproduksi, menyimpan dan mengalirkan urine.

Zat-zat yang sudah tidak terpakai lagi atau sampah tersebut diperoleh dari proses normal pemecahan otot dan dari makanan yang dikonsumsi. Tubuh akan memakai makanan tersebut sebagai energi dan untuk perbaikan jaringan. Setelah tubuh mengambil secukupnya dari makanan, sisanya akan dikirim ke dalam darah kemudian disaring di ginjal. Sisa-sisa metabolisme yang dibuang/dikeluarkan diantaranya adalah ureum, creatinin, uric acid, racun-racun/toxins dan obat-obat/drugs. Salah satu fungsi utama sistem perkemihan adalah proses ekskresi. Ekskresi adalah proses eliminasi atau pengeluaran produk sisa metabolisme dan bahan-bahan lain yang tidak berguna. Sistem kemih mempertahankan volume cairan yang sesuai dengan mengatur jumlah air yang diekskresikan dalam urin.

Ingin memiliki e-book Panduan Sistem perkemihan silakan klik link: http://www.4shared.com/document/4jU5ZlW2/Buku_Panduan_Sistem_perkemihan.html atau klik gambar di bawah!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar