Senin, 19 September 2011

Sejarah Berdirinya AKPER Pemkab Belitung



Keberadaan Program Pendidikan Diploma III AKPER Pemerintah Kabupaten Belitung berawal dari terbitnya Surat Keputusan PUSDIKNAKES DEPARTEMEN KESEHATAN & KESOS RI. No. HK.00.06.1.0568 Tanggal 6 Maret 2001 tentang berdirinya AKPER Pemerintah Kabupaten Belitung. Latar belakang dari pendirian D-III Keperawatan Pemerintah Kabupaten Belitung ini adalah kebutuhan perawat yang handal dan profesional. Sementara oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Kesehatan RI melalui PERKONGKRET di Yogyakarta menginstruksikan bahwa dalam rangka menghadapi arus globalisasi maka tenaga perawat profesional pemula dimulai dari D-III Keperawatan.
Sebagai lembaga pendidikan yang dinamis, maka pengurus SPK Pemerintah Kabupaten Belitung terpanggil untuk mengembangkan status SPK menjadi D-III Keperawatan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (Staf Dosen) melalui Pelatihan yang diadakan oleh DCNE (Diploment  Central Nursing Education) Jakarta maupun pendidikan lanjutan S2 dan S3.
Kegiatan belajar mengajar D-III Keperawatan Pemerintah Kabupaten Belitung pada mulanya dilaksanakan di gedung SPK Pemerintah yang terletak di Jalan Veteran bersebelahan dengan Rumah Sakit Umum Kabupaten Belitung yang merupakan tempat utama bagi mahasiswa melaksanakan Praktik Lapangan. Kemudian pada awal bulan Mei 2006 Gedung AKPER Pemerintah Kabupaten Belitung pindah ke Jalan Jendral Sudirman bersebelahan dengan PMI Cabang Tanjungpandan.