Jumat, 14 September 2012

BNN Kab. Belitung Gelar Sosialisasi di AKPER Pemkab. Belitung


SOSIALISASI DAN PENYULUHAN PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA (P4GN) DI LINGKUNGAN KAMPUS TAHUN 2012


  

Sebanyak 60 orang Mahasiswa baru (tingkat I) Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Belitung mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan kampus yang dilaksanakan oleh BNN Kabupaten Belitung (Jum’at, 14/09/2012).

Dalam kegiatan tersebut, acara diawali dengan kata sambutan oleh Direktur AKPER diwakili oleh Ibu Rosmaida Simamora. Dalam sambutannya, Ibu Rosmaida menyampaikan terimakasih kepada Kepala BNN Kabupaten Belitung atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut di AKPER. Kemudian ia juga menyampaikan kepada mahasiswa sebagai peserta kegiatan tersebut, untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan seksama, dan diharapkan juga nantinya agar menyampaikan informasi yang didapatkan dari kegiatan ini kepada keluarga dan masyarakat di sekitarnya.


Acara selanjutnya sosialisasi P4GN yang disampaikan oleh Kepala BNN Kabupaten Belitung, Bapak Drs. Edi Wahyono. Materi diawali dengan pengenalan tentang BNN, Badan Narkotika Nasional merupakan sebuah lembaga non-struktural yang berkedudukan dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Bertugas untuk mengkoordinasi dan melaksanakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran Napza.

Kemudian dilanjutkan ke materi inti, sberdasarkan hasil pemetaan yang diwakili oleh BNN Pusat, bahwa Indonesia dalam masalah penyalahgunaan narkoba setiap tahunnya terus meningkat. Artinya, penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang sangat krusial. Narkoba merupakan sindikat kejahatan lintas Negara (kejahatan yang terorganisasi), diibaratkan seperti struktur pemerintahan di Indonesia, mulai dari RT/RW, kadus, kades, hingga presiden.


Selanjutnya, disampaikan beberapa alasan mengapa harus dilakukan pembarantasan penyalahgunaan narkoba; pertama, merusak generasi bangsa di seluruh dunia, kedua, merusak karakter manusia, ketiga, merusak fisik dan kesehatan masyarakat, serta jangka panjangnya, akan menganggau daya saing kemajuan bangsa. Selain itu, penyalahgunaan narkoba juga menyebabkan penularan HIV/AIDS yang sangat cepat, menimbulkan kejahatan lain (kejahatan multidimensi), pencucian uang, mendukung kegiatan teroris, dan lain sebagainya. (elrayyan)
Badan Narkotika Nasional Kabupaten Belitung
Alamat: Jl. Teuku Umar No. 55 Tanjungpandan Belitung Telp. 0719 23170

Tidak ada komentar:

Posting Komentar