Kamis, 30 Mei 2013

Praktek Belajar Lapangan (PBL) AKPER Pemkab Belitung 2013





AKPER NEWS - -  Program studi DIII Keperawatan AKPER Pemkab Belitung mengadakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) yang dilaksanakan selama kurang lebih 40 hari, yaitu mulai tanggal 20 Mei sampai 29 Juni 2013. Sementara lokasi yang dijadikan praktek Belajar Lapangan adalah di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung yakni di Desa Terong dan Tanjung Tinggi.

Praktek Belajar Lapangan (PBL) merupakan bagian kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan pada Program Studi DIII Keperawatan AKPER Pemkab Belitung. Menurut Retno Nugroho,S.Kep.,Ners selaku koordinator praktek mengatakan, “Pelaksanaan praktek ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa supaya dapat mengaplikasikan teori yang pernah didapat khususnya asuhan keperawatan keluarga dan komunitas ke masyarakat. Sehingga kelompok masyarakat dapat meningkatkan kesehatan khususnya dalam lingkup keluarga”.

Praktek Belajar Lapangan ini diwajibkan bagi mahasiswa semester VI. Jumlah total mahasiwa yang mengikuti PBL adalah 85 mahasiswa yang terbagi ke dalam 6 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 13 sampai 14 mahasiswa. Dalam Praktek Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa diberi tugas untuk memberikan asuhan keperawatan keluarga dan komunitas. Setiap mahasiswa diwajibkan mengelola satu keluarga selama minimal 5 minggu untuk dijadikan target pemberian asuhan keperawatan keluarga. Lingkup asuhan keperawatan keluarga yang diberikan meliputi asuhan keperawatan keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dengan ibu hamil dan menyusui, keluarga dengan anak balita, serta keluarga dengan lansia. 

Setiap mahasiswa diwajibkan melakukan kunjungan kepada keluarga minimal 4 kali. Pada kunjungan pertama, kegiatan yang dilakukan mahasiswa adalah melakukan perkenalan, menyampaikan tujuan dan membina hubungan saling percaya (BHSP) dengan anggota keluarga. Pada kunjungan kedua, mahasiswa melakukan pengkajian yang bertujuan untuk mendapatkan data-data tentang permasalahan kesehatan keluarga. Pada kunjungan Ketiga mahasiswa melakukan implementasi asuhan keperawatan keluarga berdasarkan masalah kesehatan yang didapatkan dari hasil pengkajian pada kunjungan yang kedua. Implementasi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesehatan keluarga salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Pada kunjungan yang terakhir yaitu kunjungan keempat mahasiswa melakukan evaluasi terhadap asuhan keperawatan keluarga yang telah diberikan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah asuhan keperawatan yang diberikan kepada keluarga sudah berhasil atau belum.


Dengan diadakannya Praktek Belajar Lapangan (PBL) diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dalam memberikan asuhan keperawatan keluarga dan komunitas. Sehingga lulusan DIII Keperawatan AKPER Pemkab Belitung diharapkan bisa menjadi tenaga kesehatan yang professional, unggul dan berakhlak mulia sesuai dengan visi dan misi intitusi. Dan dapat memenuhi tuntutan dan tantangan serta perkembangan zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar